Grafik Game Animasi 2D
Grafik animasi pada komputer mengalami banyak kemajuan yang signifikan pada era 1960-an. Kemajuan ini berawal dari pengembangan dari sebuah program yang bernama Sketchpad oleh seseorang bernama Ivan Sutherland sekitar pada tahun 1963. Sketchpad sendiri adalah sebuah bentuk program revolusioner yang merupakang tonggok awal sejarah perkembangan program - program berbasis grafik animasi. Program tersebut dapat membantu merubah bagaimana cara orang berinteraksi dengan komputer. Peranan sebuah program Sketchpad dapat terbilang sangat berpengaruh karena dianggap sebagai nenek moyang dari sebuah bentuk program Computer Aided Drafting (CAD) dan menjadi sebuah terobosan utama dalam pengembangan grafik animasi secara umum. Dengan adanya program Sketchpad Ivan menunjukan bahwa grafik animasi komputer dapat digunakan untuk tujuan teknis dan artistik.
Grafik animasi 2D dapat kita ketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi, yaitu x dan y. Dalam pengambilan gambarnya sebuah grafik 2D dapat menggunakan vektor atau bitmap. Sedangkan bila kita melihat suatu animasi yang bergerak, berjalan. melompat berlari dan semacamnya, hal itu merupakan bentuk dari hasil pembuatan gambar yang dibuat satu persatu atau disebut frame untuk menghasilkan gerakan tersebut. Sehingga bentuk gerakan ditentukan oleh gambar yang dibuat, jumlah frame yang digunakan serta hitungan gambar per detik. Jadi, semakin tinggi hitungan gambar perdetiknya maka gambar akan menampilkan gerakan yang semakin halus.
Grafik animasi 2D memiliki 2 tipe animation yaitu :
- Animasi Cel
Berasal dari kata Celluloid, yaitu bahan dasar dari pembuatan animasi jenis ini ketika era awal munculnya animasi. Animasi Cel merupakan lembaran - lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing - masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. Misalnya ada3 buah animasi cel, cel pertama berisikan sebuah satu animasi karakter, cel kedua berisikan animasi karakter lain, dan cel terakir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi cel seperti film kartun Tom an Jerry, Detectif Conan dll.
- Animasi Path
Kata "path" sendiri mempunyai arti garis/lintasan. animasi ini merupakan animasi dari sebuah objek yang gerakannya sudah ditentukan oleh garis lintasan.
Sebagai contoh grafik animasi 2D pada game 2D dibatasi dengan sebuah konsep awal yang dikenal sebagai side-scrolling background. Side-scrolling backgroung adalah suatu game dimana saat kita memainkan kamerannya akan bergeser ke kanan atau kiri dengan kecepatan sesuai dengan kecepatan karakter yang kita mainkan pada game. Contoh game 2D yang termaksuk pada jenis side-scrolling type adalah :
Grafik 2D merupakan suatu konsep dimana semua objek berada pada suatu bidang datar. Kita tidak dapat bisa bergerak bebas ke segala sisi, gerakan dibatasi hanya sebatas horizontal dan vertikal atau secara vertikal gerakan hanya dibatasi sebatas pada sumbu x dan y.
Sumber :
http://muhammadrizka.blogspot.co.id/
http://library.smknubalikpapan.sch.id/
0 comments:
Posting Komentar