Aplikasi Digital Cinema ; MODO

MODO


Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit tentang salah satu software Digital Cinema yaitu MODO.
Modo diciptakan oleh kelompok inti yang sama insinyur perangkat lunak yang dibuat sebelumnya aplikasi 3D perintis Lightwave 3D , awalnya dikembangkan di Amiga platform yang dan dibundel dengan Amiga berbasis Video Toaster workstation yang populer di studio televisi di akhir 1980-an dan awal 1990-an . Mereka berbasis di Mountain View, California .
Pada tahun 2001, manajemen senior di NewTek (pembuat Lightwave) dan insinyur Lightwave kunci mereka tidak setuju mengenai gagasan untuk penulisan ulang lengkap dari alur kerja dan teknologi Lightwave itu. NewTek Wakil Presiden Pengembangan 3D, brad Peebler, akhirnya meninggalkan Newtek untuk membentuk Luxology, dan bergabung dengan Allen Hastings dan Stuart Ferguson (pengembang utama Lightwave), bersama dengan beberapa anggota tim pemrograman Lightwave.
Setelah lebih dari tiga tahun pembangunan, Modo telah didemonstrasikan di SIGGRAPH 2004 dan dirilis pada bulan September tahun yang sama. Pada bulan April 2005, efek visual high-end studio Digital Domain terintegrasi Modo ke dalam pipa produksi mereka. Studio lain untuk mengadopsi Modo termasuk Pixar , Industrial Light & Magic , Zoic Studios , id Software , Eden FX , Studio ArtFX , Kedutaan Visual Effects , Naked Sky Entertainment dan spin-off Studios .
Pada SIGGRAPH 2005, Modo 201 pra-diumumkan. Ini menjanjikan banyak fitur baru termasuk kemampuan untuk melukis di 3D (à la ZBrush , BodyPaint 3D ), multi-layer tekstur blending, seperti yang terlihat di Lightwave, dan, yang paling penting, solusi render yang dijanjikan shading berbasis fisik, distorsi lensa yang benar , refleksi anisotropik kabur dan built-in poligon instancing. Modo 201 dirilis tanggal 24 Mei 2006.

Beberapa versi dari software MODO :
    Modo 201 adalah pemenang dari Apple Design Awards untuk Best Use of Mac OS X Graphics untuk tahun 2006. Pada bulan Oktober 2006, modo juga memenangkan "Best 3D / Animasi Software" dari majalah MacUser. Pada bulan Januari 2007, modo memenangkan Game Developer Frontline Award untuk "Seni Alat Terbaik".

  Modo 202 dirilis pada tanggal 1 Agustus 2006. Pada bulan Maret 2007, Luxology dirilis modo 203 sebagai update gratis. Ini termasuk alat editing UV baru, rendering lebih cepat dan DXF penerjemah baru.

  Modo 301 dirilis pada tanggal 10 September 2007 menambahkan animasi dan patung untuk toolset nya. Alat animasi mencakup kemampuan untuk menghidupkan kamera, lampu, morphs dan geometri serta mampu mengimpor .mdd file.

  Modo 302, dirilis pada tanggal 3 April 2008 dengan beberapa update tool, modo 302 adalah upgrade gratis bagi pengguna yang ada.

  Modo 401 dirilis pada tanggal 18 Juni 2009. Rilis ini memiliki banyak animasi dan perangkat render dan baru tersedia di 64-bit Windows. Pada tanggal 6 Oktober 2009, modo 401 SP2 dirilis dan diikuti oleh modo 401 SP3 pada 26 Januari 2010 dan SP5 pada 14 Juli tahun yang sama.

  Modo 501 dirilis pada tanggal 15 Desember 2010. Versi ini adalah yang pertama untuk berjalan pada 64-bit Mac OS X. Ini berisi dukungan untuk Pixar Subbagian Permukaan, lebih cepat rendering dan editor koneksi visual untuk menciptakan rig animasi yang dapat digunakan kembali.

  Modo 601 dirilis pada 29 Februari 2012. Ini adalah versi saat ini dan menawarkan alat tambahan karakter animasi, dinamika, sistem tujuan umum deformers, dukungan untuk pemodelan retopology dan berbagai perangkat tambahan render.

Beberapa fitur dari Modo : 
Fitur Untuk Modelling

  1. Mesh Instancing
  2. Mesh Paint Tool
  3. Solid Sketch
  4. Edge Slide
  5. Polygon Reduction Tool
  6. Reference Layers
  7. Sketch Bevel
  8. Loop Slice
  9. Flex tool (for mesh posing)
  10. Retopology modeling
  11. N-Gon SDS
  12. 1-Click Macro Recording
  13. LUA, and/or Perl; Scripting Engines
  14. Bridge Tool
  15. High-Speed OpenGL Navigation
  16. Extensive Falloff System Including Path and Lasso
  17. Complete Input Remapping of Mouse and Keyboard
  18. Smooth UV Interpolation on SDS Meshes
  19. Soft and lazy selections
  20. Tool Pipe – tool customization


Fitur Untuk Sculpting

Multi-Res sculpting based on Pixar Subdivision surfaces
Mesh-based sculpting
Image-based sculpting
Push tool
Smooth tool
Carve tool
Flatten tool
Fold tool
Inflate tool
Smudge tool
Move tool
Tangent Pinch tool
Spin tool
Emboss tool
Image ink (sculpt with image)
Brushes and brush editor/browser
Spline-based strokes are supported

Sumber :
http://faris6593.blogspot.co.id/
https://lindawati93.wordpress.com
http://arungagamani.blogspot.co.id/

Penulis : Rizqi Kukuh Pambudi ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Aplikasi Digital Cinema ; MODO ini dipublish oleh Rizqi Kukuh Pambudi pada hari Jumat, 13 November 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Aplikasi Digital Cinema ; MODO
 

0 comments:

Posting Komentar